Sunday, May 31, 2009

elvira

Salah seorang domestic helper di rumah usianya lumayan belia, anak muda kelahiran taun 90an gitu lah. Anaknya hitam kurus lumayan tinggi, kalo ngeliat orang dari sisi atas mata, sembari agak menunduk dan monyong - monyong mulutnya.

Suaranya kecil pelan cimit2 kalo ketawa ngikik dan suka jingkrak2an tanpa suara (memang aneh kelakuannya). Mukaknya panjang membulat, dengan kombinasi mata hidung dan mulut yang membuat saya, ayah, ibuk, bonti dan guri semuanya pada sepakat: ini anak mukanya kaya semut di kartun2.

Hehehe. Biar kaya semut begitu, ini anak pintar di sekolahnya, kebetulan memang dia di sini sekalian dapet kesempatan sekolah. Masih esempe, ranking satu apa ranking dua gitu, pokoknya oke. Waktu dulu nemenin jadi joki 3-in-1 dan lewat gedung sampoerna fondation, saya bilang ke dia:

L : Liat vi, ini yang punya gedung hobinya nyekolahin orang sampek ke luar negri, kamu juga mestilah bisa
E : Luar negrinya dimana, Mbak?

L : Amerika kalo yg biasanya si
E : Huuuuu jauh Mbaak (nada: tengil)

L : ... (yaiya kalo deket namanya ciledug)

Saya selalu panggil dia dengan nama lengkap yang saya berikan kepadanya sebagai tanda sayang : elvira nasutionwati setianingsih. Nama aslinya elvi setianingsih. Kemudian kerana nama tersebut saya berikan, pada akhirnya pun ayah dan ibu seringkali memanggil dia : vira, vira. ehehehehe. anaknya ya hanya pasrah tapi keknya hepi2 aja.

Walau dengan gaya sungkan dan malu2, tapi dia itu suka iseng dan rese. Saya tau sih sungkan-malu2 itu kontradiktif dengan iseng-rese, tapi ya itulah elvira. Jika orang rumah (ya tentu saja kecuali ayah dan ibu) ada yang ulang taun, dia sudah siap dengan tepung dan air, yang tujuan penggunaannya sudah barang tentu bukan untuk bikin cireng. Sudah, abis itu rumah heboh dengan pekikan.

Kemaren dia semangat belajar bahasa inggris sama Tante Mon, tanteku yang sukak maen ke rumah. Sampek minta dikasih PR segala biar bisa belajar, ahahahahaha cute banget ga si.
Tempo hari di rumah ada pelatihan guru dari sekolah ibu, kan dia bertanggungjawab menghadirkan penganan. Sama si Tante Mon disuruh coba nyajiinnya pakek basa inggrissss. Semangat dia. Latian bawa piring saji sembari komat - kamit. Pas sudah menyajikan, tanggapan orang - orang :

"wah mbak, kok kamu aneh ya"

Ahahahahahahaha pembunuhan karakter massal bin besar-besaran. Tapi elvira santai untungnya dan tidak trauma. Dia tetap pendiam tapi tengil, sekolah rajin, dan belajar basa inggris. Cita - citanya mau jadi dokter, katanya. Kita doakan ya? :)

*BONUS DIALOG*

mang bedi, mang yaya, mbak uni semua pada pulkam (pulang kampung), elvira tidur di belakang sendirian, padahal service area adalah daerah yang paling banyak menyimpan urban legend di rumah saya. Saya pun menawarkan:

L : elvira, kamu gag takut tidur sono sendirian? mo tidur sama aku gag di kamarku?
E : iya mbak takut, tapi bingung ah

L : ... bingung gimana ya udah tidur atas ama aku ajehhh
E : ah ngga ah ga enak, tapi gimana ya

L : yehhhhh mau apa enggaaag, kalo gag mau yaudah kutinggal ke atas nih
E : yaaah mbak aja yang tidur sini gimana? hihihihihihihihh *cekikikan iseng*

L : ....

heran.

4 comments:

Unknown said...

oh, ada di dua dunia toh kamu.. multiply & blogger... :D

Laras A. Pitayu said...

begitulah, kakak.. hehehe

bonti said...

ni mbal elpi complain, katanya "namanya bukan elvi setianingsih, tapi elvi cemink" ......
BUAHAHAHA. aku nih smbil denger smbil nulis. jg shock trnyata dia mau ngmong gitu -.- anak aneh*ababil

Laras A. Pitayu said...

gahahahahahhahaha
anak aneh ababil gekekekekek