Wednesday, April 23, 2014

Bude Kartini Tersayang

Préambule :

Teman - teman yang baik,

berikut tulisan saya tentang bu Kartini yang dimuat di blog multiply yang saat ini sudah ditutup. Mohon maaf atas gaya berbahasa yang.. eugh begitulah kiranya -_- maklum yang menulis ini adalah saya tahun 2007, versi lebih muda, lebih gragas, lebih kurus, belum beruban, penuh vitalitas dan hobi olahraga (tapi boong).

Semoga bermanfaat dan salam olahraga kebatinan.

____________________________________________________________________

Bude Kartini Tersayang

Waktu hari Kartini taun lalu, saya sempet jadi pembicara kecil – kecilan buat ngobrol2 di lingkar peduli perempuan dulu, jadi deh ngulik biografi Kartini, hihihi. Tampaknya masih akan selalu cocok untuk dibicarakan di hari Kartini taun – taun depannya lagi termasuk taun ini. Saya keknya gak akan nampilin tulisan yang waktu itu lah ya, selain bahasanya terlalu flowery dan gak bengkak bengkok kek saya biasanya, lagian mendingan ngasih tau fakta – fakta Kartini ajalah. Buat yang suka baca tulisan saya di blog ini, mungkin udah tau gaya nulis saya yang gak jelas dan suka loncat2 kesana kemari kek jenglot (ada yg inget jenglot gak? Hiiiiiiih serem bgt tau itu.. cem barbie tapi mumi).

FYI, ini nulisnya sambil rada emosi lho, probably mostly because I’m getting my period, tapi mungkin juga karena saya gemessss banget sama orang – orang tv ngerayain hari Kartini dengan cupu, rese bgt lah pokoknya. (sama aja sama saya ding, kalo waktu itu gak ngulik buku Kartini mungkin saya masih berhahahihiria tentang beliau, hehehehehe)

1.       Sifat & Pembawaan
Ternyata Kartini (21 April 1879 – 17 September 1904) itu orang yang sama sekali nggak klemer klemer, pembawaannya bahkan sangat teramat berbeda dari perempuan Jawa jaman itu kebanyakan yang alon – alon asal klakon. Kartini si gadis Jawa yang nggak Jawa bangetlah: bersuara lantang, suka teriak – teriak, kalo ketawa cekakakan, kalimat – kalimat yang meluncur dari mulutnya itu cerdas, tajam, witty dan tentunya dengan penyampaian yang arif bin enakeun. Bayangin aja, waktu sekolah dia dinamain “kuda kore” karena suka jingkrak – jingkrak dan sangat aktif.
Heran makanya gw, org2 kok pada ngenang dia dengan dandan cantik2 ayu kelemer lemah lembut pake kebaya, karena itu gak matching sama semangat Kartini, matchingnya ama budaya jawa. Gak nyambung tau ngenang dia pake kebaya, sumpah deh, gak itu banget lho brur yang harus diapresiasi, tapi lebih ke cara mikirnya dia gimana, karya apa aja yang pernah dia keluarin, bukan dia dari suku mana ato sehari – hari pake baju apa! HIH, heran banget gueeeeeee. GOD, lagian emangnya kita anak SD apaan sih, sebel. Apalagi liat mbak2 infotainment hotshot, silet, dll pada pake kebaya semua hari ini, bikin kesel. Hehehe. Naon deui nya, hak orang – orang lah mau pake kebaya kek mau pake rok mini kek mau pake seragam persib kek yang penting niatnya baik tookh: berhepi-hepi dengan semangat festive yang ceria mau nginget2 pahlawan yang udah berjasa gede, gitu aja kok keki ras.. cep cep cep. Huhuhuhu. 

2.       Ukiran Jepara
Kartini itu orang yang punya peran penting dalam mengembangkan ukiran Jepara, gak disangka – sangka kan, beliau orang penting yang bikin kesenian Jepara maju dan jadi laku sampe ke eropa. Jarang ada yang tau juga kalo beliau bikin buku “Handschrift Japara” yang ternyata pernah jadi buku pegangan untuk standar kesenian batik buat kolektor Belanda. Keren gak sih, kesel bacanya (lho). ß pengirian. 

3.       Jurnalis Perempuan
Kartini pernah bikin tulisan tentang upacara perkawinan suku Koja di umur 16 tahun, judulnya Het huwelijk bij de Kodjas dan dimuat sebagai Bijdrage TLV waktu umurnya 19 tahun, setelah itu dia juga mempublish tulisannya2 yang lain di majalah De Echo trus juga koran De Locomotief dengan nama pena Tiga Serangkai, banyak orang jadinya punya pendapat kalo Kartini itu wartawati Indonesia pertama yang dikenal secara internasional. Tiga serangkai itu sebenernya melambangkan dia sama dua adiknya lho: Rukmini dan Kardinah, krn saking sayangnya. Gak banyak juga yang tau pas Kartini umur 13 taun, Sulastri kakak perempuan Kartini yg tertua nikah. Dengan menyandang jabatan anak perempuan tertua di rumah, si Kartini menerapkan cara didik buat adik2nya pake prinsip Liberté, Egalité, Fraternité, hehe cara didik yang saya terapin buat si guri ama bonti apa ya? Gak usah ngomongin cara didik.. Boro2 ndidik! Keknya saya ke adek2 tu pure 100% bullying. Hehehehe.

4.       Nulis surat ke Ratu Wilhelmina
Saking pengennya nglanjutin sekolah ke Belanda, beliau sampe – sampe ngirim surat secara pribadi ke Ratu Belanda, untuk ngebantuin dia secara pribadi dan ngebiayain sekolahnya. Well gak ada cerita – cerita sih kalo suratnya di follow up ato engga sama sang Ratu. Cuma dari yang saya baca sih sebenernya doski diterima lho untuk sekolah di Belanda, katanya sahabat2nya udah jejingkrakan kek apaan tau pas ada berita doski bakal dibantu. Cuma eh cuma, trus ndilalah si Raden Ajeng ngundurin diri lho. Karena idealisme yang dia punya kalah sama rasa sayangnya sama keluarganya, dia lebih milih untuk nurut keluarganya untuk stay dan nikah aja. Hih waktu baca itu saya gemes kali pun! Tapi buset, kalo saya juga sih meureun gak bakal mungkin at the first place sampek kepikiran buat jadi sekontroversial beliau di jaman itu, hehehehe.
Yang lucu lagi, beasiswa buat dia itu trus akhirnya diopernya buat seorang pemuda simpatik (ciee simpatik nih ye, simpatik dari telkomsel) yang dia belom pernah ketemu, katanya anak Sumatera dari Riau itu sangat pintar tapi keuangan keluarganya tidak memungkinkan dia untuk melanjutkan sekolah sebagai dokter di Holland. Daaaaan pemuda simpatik itu tiada lain tiada bukan adalah Agus Salim, wow, it’s a small world after all. Untung si Agus Salim bageur jadi ajah gak sia2 limpahan beasiswanya ya.

5.       Kesadaran Poligami
Kartini itu anak yang deket bgt sama ayahnya, walopun dia anak garwa ampil (istri turunan non-ningrat), bukan anak garwa padmi (istri turunan ningrat) tp ayahnya gak ngebeda2in anak, semuanya disayang mw anak laki atopun anak perempuan. Cuma waktu umur 9 taun kalo gak salah dia ngobrol2 ttg cita – cita sama temen sekolahnya, seorang anak Belanda namanya Letsy.
Letsy: Kau, akan jadi apa kelak?
Kartini keknya aga tertampar ditanya cem gini soalnya dia blm kepikiran mw jadi apa, buset bocah umur 9 taun udah mikirin hal2 filosofis gt. Akhirnya dia nanya kan ke bokapnya:
Kartini: Ayah, akan jadi apa aku kelak?
Pak Sosro: akan jadi raden ayu, nduk.
Kartini: Horeee akan jadi raden ayu!
Trus dia kesenengan mau jadi raden ayu, dasar bocah, tapi trus dia bertanya2 lagi: jadi raden ayu emang apaan kerjanya.
Jawaban dari pertanyaan itu baru dia jawab waktu akhirnya dia masuk pingitan, dan dia jadi tau gimana nasib perempuan jawa, yang bahkan keturunan ningrat pun akan end up di rumah, nurut manut dan sah – sah aja dimadu. Dan dia jadi sadar fakta bahwa poligami itu jahat ke perempuan, dan ternyata ayahnya yang sangat dikagumin dan disayang itu juga pelaku poligami, kaga beda jauh ama kiwil ato ahmad dhani, cuma yg bapaknya Kartini bukan artis, tp bupati jadinya mendingan, lebih intelek dikitlah. Dia sempet marah dan kecewa banget sama keadaan, yah khasnya darah muda lah, cuma keknya kalo Kartini yang diprotes sm dia sesuatu yg penting aja, beda ama anak muda jaman saya dulu, hehe.
Dia sempet sesumbar ke sahabat – sahabatnya kalo dia gak bakalan nikah lho, trus mau sekolah sampe kirim2 surat ke Ratu segala dan blablablabla. Eh tapi ternyata dia jadinya nikah sama bupati rembang, jadi garwa padminya lagi, which means berarti dia jadi bagian dari sistem poligami itu sendiri. Ya emang sih biar bisa bikin sekolah yang ternama krn doski ngasih syarat mas kawinnya itu, tapi kan teuteup berlawanan pisan sama awalnya.

Haaaaaah, almarhumah Ibu kita Kartini ternyata memang orang biasa seperti kita, yang bisa plin plan juga, yang bisa sangat hebaaat tapi selanjutnya bisa menjadi supercupu tapi tetep oke juga ding karena alesan dia menjadi supercupu itu juga sebenernya gak cupu2 amat (bingung gak sih sm statement saya, ehe). Lantas akhirnya keputusan – keputusan berlawanan yang akhirnya dia ambil di masa – masa terakhir hidupnya pun menjadi termaafkan. Karena buat saya justru itu yang membuat beliau terlihat sangat manusiawi, nggak ngawang semua2nya hebring dan bagus seperti tokoh wayang ato superhero apaan gitu. Setidaknya bisa bikin mikir bahwa orang2 model kek saya, kek anda, kek pemuda pemudi gaul hobi ajojing superoke jaman sekarang ini, bisa jugalaah bikin hal – hal superhebat paling ngga barang dua tiga bijian di hidup yang pendek ini, heheheheh. Amiiin.

Selamat hari Kartini semuanya, mari jadi orang hebat!

(sumber celoteh saya; (1) Kartini: To Be or Not To Be, 2007, Laras A. Pitayu, Diskusi Lingkar Peduli Perempuan, ITB. (2) Kartini: Sebuah Biografi, 2001, Sitisoemandari Soeroto, Penerbit Djambatan,)

No comments: